Asal Usul dan Sejarah Perkembangan Alat Musik Mandolin

Mandolin Dalam Sejarah

Mandolin dapat digambarkan sebagai kecapi kecil berleher pendek dengan delapan senar. Lute adalah chordophone, alat yang menghasilkan suara dengan getaran senar. Sebagai keturunan kecapi, mandolin kembali ke beberapa alat musik paling awal.

Jauh di dalam gua-gua Perancis terdapat lukisan gua indah yang dibuat antara 15.000 SM dan 8500 SM. Lukisan-lukisan ini termasuk salah satu dari seorang lelaki dengan apa yang tampak seperti instrumen senar sederhana yang dimainkan dengan busur. Haluan musikal ini mewakili alat musik petik pertama yang diciptakan manusia. Mereka dimainkan dengan mencabut talinya dengan jari, dan kemudian dengan mengetuk talinya dengan tongkat. Peningkatan volume pertama kali diperoleh dengan memegang busur di mulut. Kemudian, labu melekat pada haluan untuk bertindak sebagai resonator.

Chordophones seperti kecapi muncul pada 2000 SM di Mesopotamia. Instrumen awal ini resah. Perubahan nada dilakukan dengan menekan senar ke leher instrumen. Tali kadang-kadang dipetik dengan menggunakan benda keras atau plectrum daripada jari-jari karena plectrum atau pick menghasilkan suara yang lebih keras, lebih tajam, daripada jari.

Pada abad ketujuh Masehi kecapi rakyat yang disebut oud digunakan. Oud tetap digunakan sampai sekarang, hampir tidak berubah, dalam musik Timur Dekat, khususnya di Armenia dan Mesir. ‘Oud’ adalah nama Arab untuk kayu, dan oud adalah kecapi kayu. Oud menemukan jalannya ke Spanyol selama penaklukan bangsa Moor di Spanyol (711-1492), ke Venesia melalui perdagangan pesisir, dan ke Eropa melalui Tentara Salib yang kembali (sekitar 1099).

Di sebuah galeri di Washington, sebuah lukisan karya Agnelo Gaddi (1369-1396) menggambarkan seorang malaikat memainkan kecapi mini yang disebut mandora. Lute miniatur mungkin dibuat untuk mengisi skala ansambel kecapi abad ke-16. Bangsa Asyur menyebut instrumen baru ini Pandura, yang menggambarkan bentuknya. Orang-orang Arab menyebutnya Dambura, Mandora Latin, orang Italia, Mandola. Versi lebih kecil dari mandola tradisional disebut mandolina oleh orang Italia.

Mandolin Datang Ke Amerika Utara

Mandolin memasuki arus utama budaya populer Amerika selama zaman pertama imigrasi besar-besaran dari Eropa timur dan selatan, periode kemakmuran dan vulgar, ketika hal-hal eksotis dan asing mendominasi selera populer.

Itu sedang populer di tahun 1850-an, ketika itu berbagi ruang tamu dengan zithers, mandola, ukulele, dan hal baru lainnya yang dirancang untuk menghibur kelas menengah yang semakin santai. Peningkatan tajam dalam imigrasi Italia pada tahun 1880 memicu tren untuk instrumen Neopolitan yang didukung mangkuk yang tersebar di seluruh negeri. Mandolin bahkan termasuk di antara instrumen rekaman pertama pada silinder Edison. Pada tahun 1897, katalog Montgomery Ward mengagumi ‘pertumbuhan fenomenal dalam perdagangan Mandolin kami’.

Evolusi Manadolin Pipih Modern

Orville H. Gibson lahir di New York pada 1856, dan pindah ke Kalamazoo, Michigan ketika masih muda. Dia mulai merancang dan membangun instrumen di tahun 1880-an. Pada tahun 1898, ia diberikan paten untuk desain baru pada instrumen arch-top. Instrumen awalnya sangat eksperimental dan berhias. Pada tahun 1902, sekelompok pengusaha membeli patennya, dan membentuk Gibson Mandolin-Guitar Co., di mana Orville tetap sebagai konsultan, tetapi bukan sebagai mitra, hingga 1915.

The 1905 Gibson A-4 adalah instrumen revolusioner pada masanya, memisahkan diri secara radikal dari instrumen mangkuk tradisional yang dibawa ke Amerika oleh imigran Italia (secara meremehkan disebut ‘taterbug’).¬†Alih-alih memiliki bagian atas yang rata atau bengkok dan bowlback, desain baru Orville didasarkan pada prinsip-prinsip konstruksi biola, menggunakan bagian atas dan belakang yang diukir.¬†Meskipun desain ini secara halus dimodifikasi selama bertahun-tahun, ia dengan jelas menetapkan standar untuk apa yang akan menjadi gaya mandolin pilihan yang digunakan dalam musik rakyat Amerika dan musik populer.

Orville Gibson rupanya terobsesi dengan ornamen, khususnya gulungan. Dia juga menekankan pentingnya mesin dalam pembuatan presisi. Ciri pribadinya, termasuk sebagai inlay pada banyak instrumen awalnya, adalah bintang dan bulan sabit okultisme.

The 1910 Gibson F-4 dengan inlay headstock pot bunga rinci mewah menampilkan desain 3-poin gulir baru. Secara umum, mandolin ini mewakili langkah besar ke depan dalam pengembangan tampilan mandolin modern, yang telah terbawa hingga saat ini. Mandolin baru memiliki resonansi penuh, nada seimbang dengan daya dukung yang besar.

Pada tahun 1922, Gibson, di bawah pengaruh insinyur akustik baru mereka Lloyd Allayre Loar, memperbarui seluruh lini mandolin mereka. Versi-versi baru ini memiliki sejumlah fitur yang membedakan termasuk truss-rod yang dapat disesuaikan di leher, jembatan ebony dua bagian yang dapat disesuaikan, dan kontur peghead baru yang meruncing yang disebut ‘snake-head’. Mungkin prestasi terbaik Loar, setidaknya untuk penggemar musik bluegrass, adalah F-5-nya, salah satu seri Master Model style-5 barunya. Ada sekitar 170 F-5 yang ditandatangani dan diberi tanggal oleh Lloyd Loar sendiri. Mandolin ini sangat diminati, dan saat ini sering dijual dengan harga sangat tinggi.

Mandolin Hari Ini

Saat ini mandolin terus menjadi instrumen yang populer dan vital. Dalam musik country, mandolin telah membuat cukup kembali sejak masa kejayaan Nashville Sound di 60-an dan 70-an. Pada awal 80-an, senar sirup dan vokal berlapis memberi jalan kepada gerakan neo-tradisionalis yang kuat yang memperkenalkan kembali mandolin kepada khalayak pedesaan. Dalam musik rock, mandolin telah hadir secara konsisten sejak 60-an. Rock folk Inggris, album akustik-bernada Rod Stewart, dan balada akustik memabukkan dari Led Zepplin semua membuat mandolin terdengar akrab bagi penonton rock. Hari ini, minat saat ini pada musik ‘unplugged’ terus memamerkan mandolin.

Bahkan ada sedikit kebangkitan minat pada mandolin klasik. Banyak artis muda sedang merekam album musik mandolin klasik, dan baru-baru ini di New York City, orkestra mandolin mengadakan konser tahunan ke-70 tahunannya. Dan tentu saja musik rakyat Irlandia yang semarak dan organik, Skotlandia, Inggris, dan Amerika Selatan terus berlanjut. Musik Bluegrass, meskipun jauh dari arus utama, terus menarik pemain muda yang menjaga musik tetap hidup dan berkembang. Dan selama ada bluegrass, akan ada tempat untuk mandolin.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>